Daeng Koma

Semua ada disini. Mulai dari hal-hal unik sampai bisnis online

Iklan
Daeng Koma. Diberdayakan oleh Blogger.

   

Artikel Menarik Lainnya

Sponsor







Twitter

Facebook

Capital Gate Kalahkan Kemiringan Menara Pisa


batampos.co.id - Menara Pisa di Italia mendapat ''lawan'' di kawasan Teluk. Sebuah perusahaan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), mendirikan bangunan serupa dengan Menara Pisa, tetapi dengan tingkat kemiringan lebih ''parah''.

Menara setinggi 160 meter, yang dinamai Capital Gate, tersebut memiliki tingkat kemiringan 18 derajat dan mengalahkan kemiringan Menara Pisa. ''Tingkat kemiringannya (Capital Gate, Red) sekitar empat kali lipat dari Menara Pisa,'' tulis koran setempat, Khaleej Times, seperti dikutip kantor berita Agence France-Presse kemarin (7/6).

Saat ini Menara Pisa memiliki tingkat kemiringan 3,99 derajat. Saat proses restorasi pada 1990 hingga 2001, menara setinggi 56 meter dan terletak di Kota Pisa, Tuscany, Italia bagian tengah itu bahkan miring 5,5 derajat.

Kalau Menara Pisa miring seiring dengan waktu, Capital Gate memang sengaja dibangun miring oleh Abu Dhabi National Exhibition Company (ADNEC), perusahaan pengembangnya. Capital Gate dicatat oleh Guinness World Records sebagai tower buatan manusia dengan kemiringan terjauh.

Koran Gulf News melaporkan, rekor tersebut dicatat Guinness World Records lewat evaluasi sejak Januari lalu saat pembangunan eksteriornya selesai. Kemiringan tower 35 lantai itu dicapai dengan cara memiringkan bagian lantai 12 ke atas. Capital Gate bakal terdiri atas hotel bintang lima dan perkantoran. Gedung tersebut dijadwalkan tuntas akhir tahun ini. Sebelumnya, UEA memiliki sejumlah bangunan unik. Satu di antaranya Burj Khalifa di Kota Dubai, yang tercatat sebagai gedung tertinggi di dunia (828 meter)
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Berita / Unik dengan judul Capital Gate Kalahkan Kemiringan Menara Pisa. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://daengkoma.blogspot.com/2011/10/capital-gate-kalahkan-kemiringan-menara.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: daeng - Kamis, 20 Oktober 2011